Get Gifs at CodemySpace.com

Senin, 26 September 2011

belajar Pendidikan Kewarganegaraan


Pancasila sebagai Pandangan Hidup
Nilai- nilai Pancasila, yang di wariskan kepada bangsa Indonesia merupakan sari dan puncak dari sosial budaya yang senantiasa melandasi tata kehidupan sehari- hari. Tata nilai sosial budaya yang telah berkembang dan di anggap baik, serta di yakini kebenarannya ini di dijadikan sebagai pandangan hidup dan sumber nilai bagi bangsa Indonesia. Sumber nilai tersebut antara lain:
·      Keyakinan terhadap tuhan yang maha esa,
·      Asas kekeluargaan,
·      Asas musyawarah  mufakat,
·      Asas gotong royong,
·      Asas tenggang rasa dan teposliro.
Dari nilai- nilai inilah kemudian lahir adanya sikap yang mengutamakan persatuan, kerukunan keharmonisan, dan kesejahteraan yang sebenarnya sudah lama di praktekan jauh sebelum Indonesia merdeka.
Pandangan hidup bagi suatu bangsa seperti Pancasila sangat penting artinya karena merupakan pegangan yang mantap, agar tidak terombang- ambing oleh keadaan apa pun, bahkan dalam era globalisasi dewasa ini.
Contoh:
1.    Bermusyawarah saat mengambil keputusan bersama.
2.    Gotong Royong dalm kegiatan bermasyarakat.

Pancasila sebagai dasar Negara
Sebagai dasar Negara, pancasila tercantum dalam alenia pembukaan UUD 1945 yang merupkan landasan yuridis konstitusional dan dapat disebut Idiologi Negara.
Sebagai dasar Negara, pancasila mempunyai kekuatan mengikat secara hukum sehingga semua peraturan hukum/ ketatanegaraan yang bertentangan dengan Pancasila harus di cabut. Perwujudan nilai- nilai Pancasila sebagai dasar Negara, dalam bentuk peraturan perundang- undangan bersifat imperative (mengikat) bagi:
1.    Penyelenggara Negara,
2.    Lembaga kenegaraan,
3.    Lembaga kemasyarakatan,
4.    Warga Negara Indonesia di mana pun berada, dan
5.    Penduduk di sluruh wilayah NKRI.
Contoh:
·      Mentaati Peraturan dan Hukum yang berlaku serta tidak melakukan tindakan yang menyimpang dari nilai- nilai yang ada.
Pancasila sebagai Idiologi Negara.
Pengertian sifat dasar Pancasila sebagai ideologi negara diperoleh dari sifat dasarnya yang pertama dan utama (pokok), yakni dasar negara yang dioperasionalkan secara individual maupun sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Indonesia: masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Untuk mencapai cita-cita itulah Pancasila berperanan sebagai ideologi negara.
Contoh:
·      Kebersamaan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.



 

Literatur Drs. Budiyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar